9/6/17

iOS: Cara Agar Aplikasi Calender dan Contacts Apple Dapat Membuat Kamu Lebih Produktif

Tips produktivitas iOS

Kita semua memiliki kehidupan yang sibuk dan bagi sebagian besar pengguna iOS, aplikasi Calender dan Contacts telah menjadi kunci untuk memenuhi target komunikasi dan produktivitas harian, namun kamu akan jauh lebih produktif saat menggunakannya jika kamu mengikuti tips sederhana ini. Meskipun ini bukan panduan lengkap untuk menggunakan aplikasi, namun dirancang untuk membantu kamu mengenali siapa yang menelepon, tetap berhubungan, mengelola acara, dan banyak lagi.

Gambar Contacts Kamu

Saat seseorang menelepon kamu, iOS sudah memasukkan nomor dan nama mereka di layar kamu.

Apple bahkan telah memastikan OS cukup pintar untuk menebak siapa yang mungkin menelepon dengan cepat melihat pesan email kamu jika jumlahnya tidak di kenalan. Namun, salah satu cara untuk membuatnya sangat mudah untuk mengetahui siapa yang menelepon kamu adalah dengan menambahkan gambar contact kamu. Inilah yang harus dilakukan jika kamu memiliki gambar kontak atau gambar lain yang mungkin sesuai.

  • Buka aplikasi Contacts, pilih nama seseorang yang ingin kamu tambahkan foto lalu ketuk Edit di sudut kanan
  • Ketuk Add Photo dan kamu akan diminta untuk mengambil foto atau memilih foto dari galeri Foto kamu
  • Tambahkan gambar dan kamu akan diminta untuk Move and Scale gambar
  • Gunakan jari kamu untuk memindahkan gambar ke dalam bingkai yang ditunjukkan dengan jelas, dan penskalaan menggunakan isyarat sejumput.
  • Bila kamu memiliki gambar kontak seperti yang kamu inginkan, ketuk Choose dan Done.

Di masa depan, kamu akan melihat gambar kontak kamu muncul di layar iPhone saat mereka menghubungi kamu, dan akan dapat mengenali siapa mereka jauh lebih cepat.

Petunjuk: Kamu juga dapat menetapkan gambar ke kontak dari dalam Photo. Bila kamu menemukan gambar yang ingin kamu gunakan untuk kontak, cukup ketuk ikon Share dan pilih Assign to Contact. Kamu kemudian harus mencari kontak dan memindahkan dan memberi nilai pada gambar yang sesuai.

Jangan Lewatkan Email yang Penting Dari Siapapun

Sayangnya, hanya tersedia di iOS, fitur Mail VIP adalah cara yang baik untuk memantau mail masuk dari kontak utama.

Ini menggabungkan semua pesan dari kontak utama di dalam satu folder yang mudah ditonton. Kamu juga dapat mengatur perangkat iOS untuk memberi tahu kamu saat menerima pesan dari orang-orang penting.

  • Untuk mengaktifkan VIP masukkan Mailboxes view di iOS Mail, ketuk Edit, dan ketuk Add VIP.
  • VIP Mailbox akan muncul dalam daftar Mailboxes kamu. Ketuk tombol informasi I yang di lingkari di sebelah kanan VIP
  • Kamu berada dalam daftar VIP. Ketuk Add VIP. Untuk memilih contact yang ingin kamu monitor dengan cara ini. Kamu juga dapat menambahkan contact ke VIP dengan mengetuk alamat mereka di header email dan memilih Add to VIP di layar berikutnya.
  • Setelah kamu memilih orang yang ingin kamu lihat untuk mendapatkan email dari kamu, kamu dapat menyiapkan lansiran atau alerts. Ketuk I di samping VIP Mailbox dan gulir ke bagian bawah daftar kamu di mana kamu akan menemukan VIP Alerts, yang harus kamu sentuh.

Kamu akan dibawa masuk ke Mail settings untuk pemberitahuan. Aktifkan Allow Notifications dan kemudian tetapkan ini sesuai keinginan kamu. Saya suka menonaktifkan notifikasi secara umum, kecuali orang-orang dari VIP. Artikel ini akan membantu kamu mengendalikan Notification Center dengan lebih baik di perangkat kamu.

Reschedule Acara

Bila kamu perlu reschedule events atau mengubah waktu acara yang dijadwalkan, kamu bisa:

  • Di iOS, tekan dan tahan acara sampai menjadi buram dan kamu bisa menyeretnya ke waktu baru atau bahkan hari baru.
    Pada iOS tekan dan tahan acara sampai menjadi buram dan kemudian seret salah satu lingkaran kecil ke waktu mulai atau akhir yang baru.
  • Pada kedua iOS dan Mac mengetuk acara untuk membukanya, ketuk Edit dan ubah waktu, hari, atau lokasi.
  • Pada kedua iOS dan Mac kamu juga dapat menggunakan Siri untuk menjadwal ulang sebuah acara, katakan sesuatu seperti “reschedule my 2pm meeting on September 30 to [new time]”.

Tambahkan Acara Dari Mail

Apple telah menciptakan serangkaian detektor data yang membantu kamu menambahkan kejadian dari mail dengan mudah. Sebenarnya, ia mencoba melakukan semua pekerjaan untuk kamu. Begini cara kerjanya: Saat kamu menerima email berisi acara, kamu harus melihat item kecil muncul di bagian atas layar perangkat seluler kamu.

Ini menampilkan ikon Calender dan frase "Event found".

Jika kamu ingin menambahkan acara ke Calender kamu, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengetuk kata "add" kecil ... (warnanya akan berwarna biru). Acara calender baru akan segera dibuat untuk kamu.

Membuat Default Alerts Great Again

Setiap orang memiliki kebutuhan yang sedikit berbeda. Dengan pemikiran ini, kamu mungkin mendapati bahwa kamu biasanya perlu mengubah waktu siaga saat membuat item Calender alert baru, jadi mengapa tidak mengubah waktu default menjadi yang biasanya sesuai dengan kamu? Untuk mencapai ini buka Settings> Calendar> Default Alert Times. Di sini kamu dapat memilih waktu yang tepat untuk mengingatkan peringatan tentang Ulang tahun, Acara dan Acara Sehari-hari. Di masa depan saat membuat peringatan Peristiwa, waktu default akan sesuai dengan preferensi kamu yang biasa, sehingga menghemat waktu beberapa detik saat menyiapkan acara baru.

Jangan terlambat

Salah satu fitur Kalender yang paling berguna adalah kemampuannya untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan ke acara terjadwal. Untuk menggunakan ini, kamu harus membuat acara dengan cara biasa, buka acara itu, dan ketuk Edit. Selanjutnya kamu harus memasukkan lokasi acara dan mengizinkan Calender mengakses data Lokasi kamu jika meminta kamu untuk melakukannya. Ketuk tombol Alert dan kemudian buat Time to Leave alert pada menu drop-down. Kamu dapat membuat beberapa pengingat, termasuk pengingat konvensional yang akan segera terjadi. Namun, apa yang akan terjadi setelah kami memiliki Time to Leave alert set adalah perangkat kamu akan mengingatkan kamu saat harus pergi ke tempat tujuan pertemuan kamu.

Berbagi Calender dengan Orang Lain

Kemampuan untuk berbagi calender dengan orang lain adalah sebuah permata kecil. Ini bisa sangat berguna bila kamu ingin berbagi kamera keluarga atau yang terkait dengan pekerjaan. Bila kamu membagikan kalender dengan siapa pun yang kamu pilih untuk membagikannya dapat membaca atau mengedit calender kamu, termasuk dapat menambahkan entri mereka sendiri, itulah sebabnya kamu harus membuat calender tertentu untuk dibagikan, daripada membagikan semua data jadwal pribadi kamu.

Untuk membuat calender baru:

  • Buka Calenders dan ketuk Calenders di bagian bawah layar
  • Sekarang ketuk Edit di bagian atas layar
  • Pilih Add Calender, beri nama item baru dan tetapkan warnanya.
  • Ketuk Done.

Untuk berbagi calender: Ketuk tombol Calenders untuk membuka daftar semua yang ada sekarang. Cari yang ingin kamu bagikan dan ketuk tombol (info) saya ke kanan. Di halaman berikutnya ketuk tautan 'Add Person', pilih contact yang ingin kamu bagikan dengan item ini. Kamu akan bisa mengendalikan apa yang bisa mereka lakukan, namun agar fitur ini bermanfaat, mereka harus bisa membuat dan mengedit item.

Dengan fitur ini disiapkan, kamu dan keluarga / kolega kamu akan dapat melacak jadwal masing-masing dan memastikan kamu tidak bentrok.

Tip: Saat kamu berbagi calender, kamu akan diberi tahu saat orang-orang yang kamu ajak berbagi dengan menambahkan atau mengedit apapun.

Gunakan Nicknames

Jika kamu menggunakan nicknames (atau julukan) kamu dapat meminta Siri untuk “call my mum, atau “call the doctor”, atau “send a message to the boss”. Begini, Siri cukup pintar untuk mencari julukan orang saat melakukan perintah untuk kamu - meski kamu perlu menugaskan nama ini terlebih dahulu.

Ada dua cara untuk melakukan ini:

Metode satu
  • Buka Contacts, cari orang yang ingin kamu tambahkan informasi tentang, buka catatan mereka dan ketuk 'Edit'.
  • Gulir ke bawah sampai kamu melihat item 'add field', ditulis dengan warna biru
  • Ketuk ini lalu ketuk 'Nickname'
  • Nickname Field akan muncul tepat di bawah nama di bagian atas kartu. Sekarang kamu bisa memasukkan nama yang relevan, (Dad, Mum, My Boss, misalnya).
Metode dua
  • Luncurkan Siri dan mintalah untuk memanggil julukan, "Dad", misalnya.
  • Jika kamu belum menyebutkan nama panggilan yang kamu gunakan ke contact, Siri akan bertanya siapa orang yang tepat.
  • Begitu kamu menamai orang yang tepat, Siri akan menanyakan apakah kamu ingin mengingat bahwa julukan itu berhubungan dengan contact itu. Katakan iya, dan kamu bisa menggunakan julukan itu untuk merujuk ke contact di masa depan.

Bekerja dengan Layanan Lain

Aplikasi Calenders dan Contacts kamu dapat disinkronkan dengan layanan pihak ketiga, termasuk solusi Yahoo !, Google, atau Microsoft Exchange. Itu berguna bagi pengguna Gmail biasa, namun penting bagi kita yang perlu mengakses sistem perusahaan dari iPhone kamu. Untuk menyinkronkan layanan pihak ketiga:

  • Buka Settings dan ketuk pilihan Mail
  • Ketuk Accounts dan pilih Add Account
  • Sekarang kamu harus memilih jenis akun yang ingin kamu sinkronkan dengan data. Ketuk pada opsi Other jika kamu menggunakan solusi pengelolaan dan / atau penjadwalan kontak alternatif yang mendukung protokol LDAP atau CardDAV.
  • Setelah memasukkan detail yang relevan, kamu dapat memilih aplikasi mana yang mendukung layanan pihak ketiga.

Bila kamu menyiapkan iPhone, iPad, atau Mac kamu akan sinkron dengan layanan ini secara otomatis, yang berarti kamu dapat mengakses kalender kerja dan menjadwalkan janji temu dengan menggunakan produk Apple kamu.

Bonus untuk Pengguna Mac: Tips Jadwal

Ini adalah fitur hebat yang sangat keren dan saat ini hanya tersedia di Mac. Kemampuan untuk membuka hampir semua jenis file yang dijadwalkan adalah hal yang jarang sekali diketahui. Kamu dapat menggunakannya untuk, misalnya, menjaga timesheets atau memastikan materi presentasi diserahkan saat kamu sedang menuju ke sebuah pertemuan. Fitur ini sedikit tersembunyi, tapi beginilah cara kerjanya:

  • Buat acara baru di Calender (Command + N)
  • Control Klik pada acara tersebut dan pilih Get Info dalam daftar
  • Klik di bidang Get info untuk beralih ke fungsi edit. Atau pilih acara dan tekan Command + E.
  • Ketuk kolom Alert dan pada menu drop-down pilih Custom.
  • Pada item berikutnya, ketuk kolom atas untuk menaikkan menu drop-down di mana kamu dapat memilih gaya lansiran kamu: Message, Message with Sound, Email, dan Open file. Pilih Open file.
  • Kamu akan diminta untuk memilih file yang ingin kamu buka, dan dapat mengatur waktu saat peringatan tersebut diaktifkan
  • Klik OK.

Saat acara tersebut dijadwalkan berlangsung, kamu akan memiliki semua dokumen yang kamu butuhkan secara otomatis dan dibuka sehingga kamu bisa langsung masuk ke pertemuan kamu. Kamu dapat menambahkan alarm tambahan dengan mengetuk tombol + di samping alret.

You might also enjoy reading

Subscribe

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan Artikel terbaru pilihan dari Andito Blog

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik.