3/19/17

6 Langkah Mudah Mengatasi Aplikasi Yang Sering Crash di iPhone

 Mengatasi Aplikasi Yang Sering Crash di iPhone

Aplikasi di iPhone kamu dapat terjadi crash seperti program di komputer desktop atau laptop kamu. Sering para pengguna iphone mengeluhkan tentang aplikasi yang dimiliki ketika dibuka tiba-tiba keluar sendiri. Hal ini memang disebabkan beberapa hal. Mungkin karena kapasitas memori yang besar dan spesifikasi dari iPhone sendiri tidak terlalu mendukung. Mungkin juga karena aplikasi yang dimiliki penuh dan jumlahnya terlalu banyak sehingga untuk membuka agak sulit dan keluar sendiri jadinya.

Aplikasi crash paling sering melanda web browser Safari, Mail, dan aplikasi pihak ketiga dari App Store, tetapi crash bisa datang dari mana saja.

Jika kamu sering mengalami aplikasi crash, berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan stabilitas yang lebih baik:

Langkah 1: Force Restart iPhone

Kadang-kadang langkah termudah adalah yang paling efektif. Kamu akan terkejut betapa banyak masalah pada iPhone, tidak hanya aplikasi crash, bisa diperbaiki dengan cara melakukan force restart. Restart akan menghapus banyak masalah dasar yang muncul dari penggunaan iPhone sehari-hari.

Cara untuk melakukan force restart adalah dengan menekan dan menahan tombol wake/sleep dan tombol home secara bersamaan hingga logo Apple muncul di layar iDevice.

Baca artikel ini untuk rincian tentang dua jenis restart dan bagaimana melakukannya masing-masing.

Langkah 2: Keluar dan Luncurkan Ulang Aplikasi

Jika restart belum membantu, Anda harus mencoba berhenti dari aplikasi yang menyebabkan crash dan menyalakannya kembali. Melakukan hal itu akan menghentikan semua proses aplikasi yang berjalan dan memulai dari awal. Jika crash aplikasi disebabkan oleh beberapa fitur yang sedikit salah, ini harus diatasi.

Langkah 3: Perbarui Aplikasi kamu

Jika restart tidak dapat menyembuhkan crash yang melanda iPhone kamu, mungkin masalah tersebut bisa disebabkan oleh bug di salah satu aplikasi kamu. Pengembang Aplikasi secara teratur memperbarui aplikasi mereka untuk menyelesaikan bug dan menyediakan fungsionalitas baru, sehingga bisa jadi bahwa ada update yang memecahkan bug yang menyebabkan masalah. Hanya perlu menginstal pembaruan tersebut dan kamu akan bebas dari masalah dalam waktu yang singkat.

Baca artikel ini untuk mempelajari tiga cara menjaga aplikasi iPhone kamu tetap up to date.

Langkah 4: Uninstall dan Instal Ulang Aplikasi

Tapi apa yang harus dilakukan jika tidak ada update? Jika kamu yakin aplikasi mana yang menyebabkan masalah kamu, namun belum ada update untuknya, coba uninstall aplikasi dan kemudian instal ulang. Instalasi aplikasi yang baru bisa membantu. Jika tidak, taruhan terbaik kamu mungkin uninstall sampai ada perbaikan (tapi setidaknya coba langkah berikutnya terlebih dahulu).

Pelajari cara uninstall aplikasi dari iPhone kamu.

Langkah 5: Update iOS

Dengan cara yang sama bahwa pengembang aplikasi merilis update untuk memperbaiki bug, dalam setahun Apple beberapa kali merilis update ke iOS, sistem operasi yang menjalankan iPhone, iPad dan iPod touch. Pembaruan ini menambahkan fitur baru yang keren, dan yang paling penting untuk artikel ini, mereka juga memperbaiki bug. Jika crash tetap terjadi setelah kamu me-restart telepon kamu atau memperbarui aplikasi kamu, bisa di katakan bahwa bug tersebut datang di iOS sendiri. Dalam hal ini, kamu perlu memperbarui ke OS terbaru.

Pelajari cara memperbarui iOS langsung di ponsel kamu tanpa terhubung ke iTunes dalam artikel ini.

Langkah 6: Hubungi Pengembang Aplikasi

Jika tidak ada langkah-langkah ini yang memecahkan masalah kamu, kamu memerlukan bantuan ahli (well, kamu dapat mencoba mengatasi masalah ini untuk sementara, dengan asumsi bahwa pada akhirnya kamu akan mendapatkan update aplikasi atau OS yang memecahkan masalah, namun apakah kamu ingin mengambil tindakkan?).

Yang terbaik adalah menghubungi pengembang aplikasi secara langsung. Harus ada informasi kontak yang tercantum dalam aplikasi (mungkin di layar Contact atau About). Jika tidak ada, halaman aplikasi di App Store biasanya menyertakan informasi contact untuk pengembang. Cobalah mengirim email ke pengembang atau pelaporan dan bug dan kamu harus memberikan beberapa feedback yang bermanfaat.

You might also enjoy reading

Subscribe

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan Artikel terbaru pilihan dari Andito Blog

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik.