1/28/17

Mengenal Apa itu Jailbreaking di iPhone

Cydia - Jailbreaking di iPhone

Kata "jailbreaking" atau orang lebih mengenalnya dengan nama "jailbreak" sangat erat kaitannya dengan iPhone. Beberapa orang mungkin mengatakan kepada kamu bahwa kamu perlu melakukannya pada iPhone kamu. Sebelum kamu melakukan apapun, pastikan kamu memahami apa pengertian dari jailbreaking di iPhone, dan juga kamu harus mengetahui apa resiko dan manfaat yang akan kamu terima.

Penjelasan Jailbreaking

Jailbreaking mengubah sistem operasi yang berjalan pada iPhone atau iPod touch untuk memberikan kamu kontrol lebih (kebebasan dalam mengelola perangkat kamu). Dengan melakukan jailbreaking, kamu dapat menghapus pembatasan Apple dan menginstal aplikasi dan konten lainnya selain dari sumber resmi App Store (yang populer dengan nama Cydia).

Jailbreaking sering dibahas atau dikaitkan dengan unlocking. Sepintas kedunya memang mirip, namun kedunya tidak sama. Unlocking adalah penghapusan pembatasan penggunaan SIM di modem iPhone (CDMA), yang akan memungkinkan kita untuk menggunakan berbagai macam kartu SIM manapun dan dimanapun. Jailbreaking, di sisi lain, adalah wilayah abu-abu.

Hal yang Dapat Kamu Lakukan Dengan perangkat Jailbroken

Beberapa hal yang dapat kamu lakukan dengan perangkat Jailbroken meliputi:

  • Menyesuaikan tampilan dan nuansa dari perangkat iOS kamu
  • menghapus aplikasi built-in (bawaan) yang datang dengan iOS secara lengkap dari fitur serupa di iOS 10
  • Menginstal aplikasi yang tidak tersedia di App Store
  • Mendapatkan aplikasi berbayar secara gratis (terdengar cukup baik, tapi hal itu merupakan pencurian dan itu tindakan ilegal)
  • Men-download musik, video, ebooks, dan konten lainnya secara gratis (dalam beberapa kasus, ini juga pencurian)
  • Mengakses filesystem iOS, sesuatu yang biasanya tersembunyi dari pengguna.


Argumen yang Melawan Jailbreaking iPhone

Argumen yang melawan terhadap jailbreaking iPhone meliputi:

  1. Operasi tidak dapat diandalkan. Apple sangat ketat bagaimana mengontrol perangkat yang bekerja, membatasi kemampuan kamu untuk menyesuaikan perangkat kamu. Apple mencegah perubahan ini untuk memastikan bahwa perangkat beroperasi dengan lancar, dengan lebih sedikit kesalahan, keamanan lebih, dan menawarkan pengalaman berkualitas tinggi. Jailbreaking memberi kamu kontrol, tetapi juga dapat memperkenalkan masalah dan ketidakstabilan.
  2. Kekhawatiran keamanan. Karena Apple mengharuskan pengguna hanya menginstal aplikasi dari App Store, tentunya semua aplikasi sudah terlebih dahulu di kontrol kualitas dan juga keamanannya. Hal ini akan mengurangi kelemahan keamanan dan mencegah spam dan aplikasi berbahaya dari menginfeksi perangkat kamu. Perangkat Jailbroken dapat menyerang melalui aplikasi yang tidak disetujui oleh Apple.
  3. Kerentanan terhadap serangan. Secara umum, iPhone adalah platform smartphone yang paling aman dan paling sedikit hacks, virus, dan serangan lainnya. Satu-satunya waktu bahwa iPhone sangat rentan terhadap serangan adalah ketika sudah di Jailbroken.
  4. Upgrade bermasalah. perangkat Jailbroken sulit untuk meng-upgrade ke versi terbaru dari iOS. Hal ini karena versi baru dari iOS sering menutup celah kode yang digunakan oleh jailbreaks. kamu mungkin tidak dapat meng-upgrade OS kamu dan menjaga jailbreak.
  5. Tidak ada dukungan yang lebih resmi. Jailbreaking menghilangkan claim garansi iPhone, jadi jika kamu memiliki masalah dengan telepon kamu, kamu tidak bisa mendapatkan dukungan dari Apple.
  6. Kompleksitas teknis. Jailbreaking tidak dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Untuk melakukannya dengan benar memerlukan keterampilan teknis di atas rata-rata. Jika kamu mencoba untuk melakukan jailbreak tanpa mengetahui apa yang kamu lakukan, kamu dapat merusak secara permanen iPhone kamu.


Argumen yang Mendukung Jailbreaking iPhone

Di sisi lain, argumen yang mendukung jailbreaking iPhone meliputi:

  1. Kebebasan memilih. Para pendukung jailbreaking mengatakan bahwa Apple menyangkal kebebasan kamu untuk menggunakan perangkat yang kamu miliki. Mereka berpendapat bahwa kontrol Apple terlalu membatasi dan mencegah orang yang ingin memodifikasi perangkat mereka untuk belajar.
  2. Menghapus pembatasan. Jailbreakers juga mengatakan, kepentingan bisnis Apple dapat menyebabkan untuk memblokir aplikasi dari App Store yang lain akan bekerja dengan baik. Mereka mengatakan bahwa kamu harus memiliki akses ke aplikasi tersebut.
  3. Mendapatkan konten gratis. argumen yang mendukung jailbreaking adalah kamu bisa lebih mudah untuk mendapatkan aplikasi berbayar dan media (musik, film, dll) secara gratis. Ini adalah pembajakan dan pencurian dari orang-orang yang menghasilkan konten itu, jadi itu bukan sebuah argumen yang baik dalam mendukung jailbreaking.


Perangkat Appel Yang Dapat di Jailbroken

Jailbreaks dapat dilakukan berdasarkan pada perangkat atau versi iOS berjalan, tetapi tidak semua perangkat atau versi iOS memiliki alat yang tersedia. Jailbreaks tersedia pada daftar berikut:
Jailbreaks Tersedia
iPhone iPhone 7 series
iPhone 6S series
iPhone 6 series
iPhone 5S & 5C
iPhone 5
iPhone 4S
iPhone 4
iPhone 3GS
iPhone 3G
Original iPhone
iPod touch 6th gen. iPod touch
5th gen. iPod touch
2nd gen. iPod touch
original iPod touch
iPad iPad Pro
iPad Air 2
iPad Air
iPad 4
iPad 3
iPad 2
Original iPad
iPad mini - all models
Apple TV 4th gen. Apple TV
2nd gen. Apple TV
iOS Version iOS 10
iOS 9
iOS 8.1.1 - 8.4
iOS 7.1 - 7.1.2
iOS 7
iOS 6
iOS 5
iOS 4
iOS 3
tvOS Version tvOS 9

Tidak ada jailbreaks yang tersedia untuk umum pada Apple Watch, dan iPod non-iOS.

You might also enjoy reading

Subscribe

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan Artikel terbaru pilihan dari Andito Blog

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik.